Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pendonor Dalam Pelayanan Seleksi Donor Darah di UDD PMI Surakarta Bulan Maret 2021
ABSTRAK
Latar Belakang : Komunikasi efektif merupakan hal yang penting untuk mempengaruhi kualitas pelayanan donor darah dengan berbagai upaya dilakukan guna menghasilkan pelayanan yang puas.
Tujuan : untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif dengan kepuasan pendonor dalam pelayanan seleksi donor di UDD PMI Kota Surakarta Bulan Maret 2021.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh pendonor darah di gedung UDD PMI Kota Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 97 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data primer. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2021. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, tabulating, dan entering. Dan dianalisa dengan Uji Bivariat menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik Versi 26.
Hasil : Nilai analisis dapat dikategorikan sebesar 40,526 untuk komunikasi efektif, sedangkan kepuasan pendonor darah dikategorikan sebesar 40,536. Analisis data uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov. Hasil uji normalitas berturut-turut komunikasi efektif dan kepuasan diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 dan 0,000 yang berarti data tidak berdistribusi normal yaitu tidak memenuhi syarat p > 0,05.
Kesimpulan : Ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi efektif terhadap kepuasan pendonor dengan nilai korelasi sebesar 0,350 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Komunikasi efektif, kepuasan, seleksi donor
ABSTRACT
Background : Effective communication is important to influence the quality of blood donor services with various efforts made to produce satisfied services.
Objective : to determine the relationship between effective communication and donor satisfaction in donor selection services at Blood Donor Unit (BDU) Of Indonesian Red Cross Surakarta City in March 2021.
Methods : This research is an associative research using a quantitative approach. The population of all blood donors in the Blood Donor Unit (BDU) Of Indonesian Red Cross building in Surakarta. The sample of this study was 97 respondents with a sampling technique using accidental sampling. Data collection method using primary data. The data collection tool uses a questionnaire which will be held in March 2021. The data processing technique uses editing, coding, tabulating, and entering. And analyzed by Bivariate Test using the help of IBM SPSS Statistics Version 26.
Results : The analysis value can be categorized as 40.526 for effective communication, while blood donor satisfaction is categorized as 40.536. Analysis of normality test data using the Kolmogorov Smirnov test. The results of the normality test respectively, that effective communication and satisfaction obtained probability values of 0.000 and 0.000, which means that the data is not normally distributed, that is, it does not meet the requirements of p > 0.05.
Conclusion : There is a positive and significant relationship between effective communication on donor satisfaction with a correlation value of 0.350 and a probability value of 0.000 < 0.05.
Keywords : Effective communication, satisfaction, donor selection
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nur ‘Izzah Baeti |
Pengarang |
Nur ‘Izzah Baeti - Personal Name (Pengarang)Danik Riawati, S.S.T., M.Kes. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)dr. Christina Roosarjani, M.Si. - Personal Name (Dosen Pembimbing 2) |
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
|
Penerbit |
Program Studi Teknologi Bank Darah |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
Surakarta |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Nur ‘Izzah Baeti. (2021).
Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pendonor Dalam Pelayanan Seleksi Donor Darah di UDD PMI Surakarta Bulan Maret 2021().Surakarta:Program Studi Teknologi Bank Darah
Nur ‘Izzah Baeti.
Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pendonor Dalam Pelayanan Seleksi Donor Darah di UDD PMI Surakarta Bulan Maret 2021().Surakarta:Program Studi Teknologi Bank Darah,2021.Text
Nur ‘Izzah Baeti.
Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pendonor Dalam Pelayanan Seleksi Donor Darah di UDD PMI Surakarta Bulan Maret 2021().Surakarta:Program Studi Teknologi Bank Darah,2021.Text
Nur ‘Izzah Baeti.
Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pendonor Dalam Pelayanan Seleksi Donor Darah di UDD PMI Surakarta Bulan Maret 2021().Surakarta:Program Studi Teknologi Bank Darah,2021.Text