Detail Cantuman

PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021

PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021


ABSTRAK

Latar belakang: Pelestari pencari donor darah sukarela merupakan bagian yang penting untuk menjaga agar ketersediaan stok darah tercukupi dan menghasilkan darah yang aman untuk digunakan.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh kepuasaan pelayananan mobile unit terhadap minat donor darah di mall surakarta pada bulan januari - juli 2021.
Metode: Pada penelitian ini menggunakan jenis asosiatif kausal dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pendonor mobile unit yang bertempat di mall surakarta. Teknik penggambilan sampel menggunakan rundom sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode penggumpulan data menggunakan data primer, dengan system kuesioner tertutup yang dilaksanakan bulan maret–april 2021. Analisis regresi linier dalam bentuk presentase di kerjakan menggunakan aplikasi ibm spss statistics 23.
Hasil: Niali signifikasi 0,00<0,05 maka disimpulakan signifikan. Analisis data menggunakan analisa regresi linier diperoleh hasil 55,2% yang artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y, dan untuk yang 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dapam penelitian ini. Niali koefisien regresi sederhana adalah 0,768 yang menunjukkan angka positif, sehingga variabel dalam penelitian ini searah.
Kesimpulan: Nilai analisis regresi linier sederhana mendapatkan hasil 55,2% yang artinya ada pengaruh kepuasan pelayanan mobile unit terhadap minat donor darah di mall surakarta.
Kata kunci: Kepuasan pelayanan; donor darah; minat


ABSTRACT
Background: Preservation of voluntary blood donors is an important part of maintaining adequate blood stocks and producing safe blood for use.

Objective: to determine the effect of mobile unit service satisfaction on blood donation interest at the Surakarta Mall in January-July 2021.

Methods: This research uses causal associative type with cross sectional design. The population of this study were all mobile unit donors located in the Surakarta mall. The sampling technique used was random sampling with a sample size of 100 respondents. The data collection method used primary data, with a closed questionnaire system which was carried out in March-April 2021. Linear regression analysis in the form of percentages was carried out using the IBM SPSS Statistics 23 application.

Result: Significance value 0.00 < 0.05, it is concluded that it is significant. Data analysis using linear regression analysis obtained 54.8% results, which means the influence of variable X on variable Y, and 45.2% influenced by other factors not examined in this study. The simple regression coefficient value is 0.768 which indicates a positive number, so the variables in this study are in the same direction.

Conclusion: The value of simple linear regression analysis results in 54.8%, which means that there is an effect of mobile unit service satisfaction on blood donation interest at the Surakarta mall.

Keywords: service satisfaction; blood donors; interest


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Erina Setyowati
Pengarang Erina Setyowati - Personal Name (Pengarang)
Ni'mah Hidayatul Laili, S.S.T.Keb., M.Biomed. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
dr. Kunti Dewi Saraswati, Sp.PK., M.Kes. - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Erina Setyowati. (2021).PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021().:

Erina Setyowati.PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021().:,2021.Text

Erina Setyowati.PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021().:,2021.Text

Erina Setyowati.PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN MOBILE UNIT TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI MALL SURAKARTA BULAN JANUARI - JULI 2021().:,2021.Text

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY POLITEKNIK AKBARA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan Politeknik AKBARA Official
Youtube Perpustakaan Politeknik AKBARA Official
Instagram Perpustakaan Politeknik AKBARA Official

Address

Politeknik AKBARA Surakarta
Jl. Sumbing Raya, Mojosongo, Jebres, Surakarta
Telp. 02718591185
Fax. 0271664881
WA. 085640490980
E: akbara.library@gmail.com