Detail Cantuman

ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021

ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021


Latar Belakang: PMI merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang kesehatan khususnya dalam menjamin ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan. Ada persyaratan untuk pasien BPJS, Ada regulasi dalam pelayanan pasien BPJS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Tujuan: Untuk menganalisis kepuasan keluarga pasien BPJS terhadap pelayanan permintaan darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Bangka..
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 pasien BPJS di UDD PMI Kabupaten Bangka selama 1 bulan. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik random sampling sebanyak 80 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil: Responden 52 laki-laki (65,0%) dan 28 perempuan (35,0%). Responden
berusia 17-25 tahun sebanyak 21 orang (26,3%), 25 orang berusia 26-35 tahun
(31,3%), 17 orang berusia 36-45 tahun (21,3%), dan 17 orang berusia 46-55 tahun
(21,3%). Sebanyak 66 pasien (82,5%) dengan diagnosa penyakit lain, 7 pasien
Covid 19 (8,8%), dan 5 pasien anemia aplastik (6,3%). Hasil analisis data diperoleh r product moment sebesar 0,536 dengan nilai signifikasi 0,000.
Kesimpulan: pelayanan kebutuhan darah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan keluarga pasien BPJS di UDD PMI kabupaten Bangka.

Kata kunci: pelayanan permintaan darah, kepuasan keluarga pasien BPJS.


Background: Indonesia Red Cross is one of the organizations engaged in the health sector, especially in ensuring the availability of blood for patients in need. There are requirements for BPJS patients, There are regulations in the service of BPJS patients while still implementing health protocols.
Objective: To analyze the family satisfaction of BPJS patients with blood request services at the Blood Donor Unit (BDU) of Indonesia Red Cross Bangka Regency.
Methods: This study uses a descriptive type of research using primary data. The population in this study was 100 BPJS patients at BDU of Indonesia Red Cross Bangka Regency for 1 month. Determination of the sample using the Slovin formula and random sampling technique as many as 80 respondents. Collecting data using a closed questionnaire. The data analysis technique uses product moment correlation analysis.
Results: Respondents were 52 men (65.0%) and 28 women (35.0%). Respondents
aged 17-25 years as many as 21 people (26.3%), 25 people aged 26-35 years
(31.3%), 17 people aged 36-45 years (21.3%), and 17 people aged 46 -55 years
(21.3%). A total of 66 patients (82.5%) were other diseases, 7 Covid 19 patients (8.8%), and 5 aplastic anemia patients (6.3%). The results of data analysis obtained r product moment of 0.536 with a significance value of 0.000
Conclusion: Blood demand services have a significant effect on family satisfaction of BPJS patients in the BDU of Indonesia Red Cross Bangka district.
Keywords: blood request service, family satisfaction of BPJS patients.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Jana Novita Dari
Pengarang Jana Novita Dari - Personal Name (Pengarang)
Danik Riawati, S.S.T., M.Kes. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
dr. Christina Roosarjani, M.Si. - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Jana Novita Dari. (2021).ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021().:

Jana Novita Dari.ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021().:,2021.Text

Jana Novita Dari.ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021().:,2021.Text

Jana Novita Dari.ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PERMINTAAN DARAH DI UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI KABUPATEN BANGKA BULAN JUNI 2021().:,2021.Text

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY POLITEKNIK AKBARA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan Politeknik AKBARA Official
Youtube Perpustakaan Politeknik AKBARA Official
Instagram Perpustakaan Politeknik AKBARA Official

Address

Politeknik AKBARA Surakarta
Jl. Sumbing Raya, Mojosongo, Jebres, Surakarta
Telp. 02718591185
Fax. 0271664881
WA. 085640490980
E: akbara.library@gmail.com